PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENGIDENTIFIKASI TOKOH CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 2 TRAJI


Dian Putri Anggraeni , 1401415312 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENGIDENTIFIKASI TOKOH CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 2 TRAJI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENGIDENTIFIKASI TOKOH CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 2 TRAJI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENGIDENTIFIKASI TOKOH CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN 2 TRAJI) - Published Version
Download (803kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SDN 2 Traji Temanggung belum optimal, salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah keterbatasan media pembelajaran interaktif dan inovatif. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa muatan bahasa Indonesia belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan media yang interkatif yaitu media pop-up book untuk meningkatkan kulitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pop-up book pada tema lingkungan daerah tempat tinggalku muatan bahasa Indonesia. . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and developement menggunakan model penelitian Borg and Gall. Langkah-langkah dalam penelitian meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes meliputi pretest posttest dan teknik nontes meliputi observasi, wawancara, angket,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) media pop-up book layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengan persentase kelayakan materi sebesar 78% dengan kriteria sangat layak dan kelayakan media sebesar 86% dengan kriteria layak, (2) media pop-up book digunakan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata sebesar 0,51 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media pop-up book layak digunakan dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Saran dalam penelitian ini yaitu media pop-up book dapat digunakan sebagai inovasi baru dalam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pop-up book; identifikasi tokoh; cerita fiksi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 16:23
Last Modified: 03 Dec 2019 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33562

Actions (login required)

View Item View Item