PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG TAHUN 2019
Dwi Nur Amalia , 1102415072 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG TAHUN 2019)
- Published Version
Download (773kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya pemahaman siswa SMK Bagimu Negeriku Semarang terhadap mata pelajaran Desain Media Interaktif menyebabkan tingkat pencapaian hasil belajar yang masih kurang memuaskan. Pembelajaran yang membosankan juga menyebabkan keaktifan siswa yang masih rendah. Model pembelajaran explicit instruction ditujukan untuk membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh infomasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Hal tersebut sesuai dengan pembelajaran desain media interaktif yang merupakan pembelajaran menekankan pada keterampilan siswa dalam pemuatan media interaktif. Pada model pembelajaran explicit instruction memungkinkan guru untuk menyampaikan ketertarikan pribadi mengenai mata pelajaran melalui presentasi yang antusias yang dapat merangsang keaktifan dan antusiasme siswa. Melalui pembelajaran yang mengajarkan konsep dan keterapilan secara eksplisit menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran explicit instruction berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Desain Media Interaktif SMK Bagimu Negeriku Semarang. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design bentuk one-group pre-test post-test design pada sampel siswa SMK kelas XI Multimedia di SMK Bagimu Negeriku Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini didapat data bahwa nilai keaktifan siswa pada pertemuan pertama sebesar 65,625%, pada pertemuan kedua sebesar 87,5%. Pada penelitian ini didapat data bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test yang dilakukan sebelum perlakuan sebesar 65,00 dan nilai rata-rata post-test setelah perlakuan sebesar 81,08. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain media interaktif di SMK Bagimu Negeriku Semarang tahun 2019.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, desain media interaktif, explicit instruction |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 14:50 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 14:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33558 |
Actions (login required)
View Item |