REMBESAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI PENGGUNAAN GADGET DI PONDOK PESANTREN HUSNUL HIDAYAH KEBUMEN)


Tamrin Hidayat , 1102415068 (2019) REMBESAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI PENGGUNAAN GADGET DI PONDOK PESANTREN HUSNUL HIDAYAH KEBUMEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REMBESAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI PENGGUNAAN GADGET DI PONDOK PESANTREN HUSNUL HIDAYAH KEBUMEN)]
Preview
PDF (REMBESAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH (STUDI PENGGUNAAN GADGET DI PONDOK PESANTREN HUSNUL HIDAYAH KEBUMEN)) - Published Version
Download (769kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya gadget dalam pesantren salafiyah yang pada umunya hal tersebut tidak diperbolehkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan dan spesifikasi gadget serta adanya perbedaan penggunaan gadget antara santri dan pengurus pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan pemanfaatan gadget bagi santri Pondok Pesantren Husnul Hidayah dapat digunakan dengan baik. Dari segi edukasi adanya gadget santri dapat menggunakan aplikasi Maktabah untuk mencari refrensi kitab-kitab yang bisanya digunakan untuk mencari sebuah hukum di dalam kitab tersebut dan mengerjakan tugas sekolah. Dari segi komunikasi dan ekonomi santri juga dipermudah dalam berkomunikasi, mengerjakan tugas, update informasi dan berjualan online. Selain itu santri juga dapat menggunakan gadget untuk bermain game, nonton film, bermain media sosial (facebook, whatsapp, instragaram, twitter, dan lain-lain) sebagai hiburan. Sisi yang kurang baik adanya gadget adalah adanya santri yang mengakses situs-situs porno, padahal hal tersebut sangatlah terlarang sesuai dengan peraturan pondok pesantren. Spesifikasi dan jenis gadget dari masing-masing santri berbeda. Namun, gadget yang paling banyak digunakan oleh jenis handphone (HP). Adanya perbedaan spesifikasi ini adalah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi dari santri. Perbedaan penggunaan gadget bagi santri yaitu bagi santri yang masih sekolah SMP/MTs tidak diperbolehkan membawa gadget, tingkat SMA/SMK/MA sederajat sudah diperbolehkan membawa gadget walaupun sangat dibatasi yaitu dua minggu sekali dan yang dibebaskan dalam penggunaan gadget adalah santri yang sudah menjadi pengurus pondok, abdi ndalem, ataupun para santri yang sering berhubungan dengan kiai/pengasuh. Solusi dari berbagai masalah yang ditemukan yaitu pihak pesantren hendaknya memberikan pengarahan dan mengawasi adanya penggunaan gadget oleh santri. Bagi santri pun agar dapat menggunakan gadget dengan bijak. Antara pengurus dan santri yang diperbolehkan menggunakan gadget dengan bebas hendaknya dapat menghormati atau memberi contoh yang baik bagi santri yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Spesifikasi Gadget, Perbedaan Penggunaan Gadget
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Dec 2019 14:39
Last Modified: 03 Dec 2019 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33556

Actions (login required)

View Item View Item