PERSEPSI GURU IPS TERHADAP PENGEMBANGAN LABORATORIUM IPS DI SMP KOTA MAGELANG


Siti Mazro’atul Hasanah, 3101414011 (2019) PERSEPSI GURU IPS TERHADAP PENGEMBANGAN LABORATORIUM IPS DI SMP KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414011maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan laboratorium IPS kini mulai didirikan di beberapa SMP Kota Magelang. Namun dalam pengembangannya laboratorium IPS belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Selain itu keberadaan laboratorium IPS juga belum menjadi salah satu sarana dan prasaran yang harus dimiliki sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya tinjauan kembali mengenai keberadaan laboratorium IPS. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui persepsi guru IPS terhadap keberadaan laboratorium IPS di SMP Kota Magelang; (2) mengetahui persepsi guru IPS terhadap fungsi laboratorium IPS di SMP Kota Magelang; (3) mengetahui persepsi guru IPS terhadap kelengkapan alat laboratorium IPS di SMP Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Magelang, SMP Negeri 5 Magelang, dan SMP Negeri 11 Magelang. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan yaitu kepala sekolah, kepala laboratorium IPS, guru IPS dan siswa, aktivitas pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menguji obyektifitas dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data model Miles & Huberman yaitu model analisis interkasi yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru IPS mengungkapkan jika keberadaan laboratorium IPS mulai dianggap penting untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mapel IPS; (2) guru IPS mengungkapkan jika fungsi dari laboratorium IPS sama halnya dengan fungsi dari laboratorium lainnya yaitu sebagai ruang praktek pengganti ruang kelas yang mana di dalamnya bisa berlangsung kegiatan belajar mengajar khususnya mapel IPS; (3) kelengkapan alat peraga laboratorium IPS di SMP Kota Magelang meliputi peta, globe, jenis-jenis batuan, jenis-jenis mata uang, miniatur candi dan patung, poster terkait materi IPS, gambar-gambar yang di tempel di dinding, dan alat tata surya. Simpulan penelitian ini yaitu keberadaan laboratorium IPS penting didirikan sebagai ruang belajar siswa pengganti kelas dengan melakukan berbagai percobaan maupun pengamatan melalui peralatan yang telah tersedia di ruang laboratorium IPS. Saran yang diberikan yaitu guru harus kreatif dalam menyampaikan materi dan memanfaatkan alat-alat yang ada di laboratorium IPS. Selain itu dari pihak sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah seharusnya lebih memperhatikan terkait pengembangan laboratorium IPS mengingat laboratorium IPS dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Laboratorium, IPS, Guru, Perception, Laboratory, IPS, Teacher
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:24
Last Modified: 03 Dec 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33553

Actions (login required)

View Item View Item