PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD SE-SEKBIN II KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES


Siti Nurfatikhatunnisa , 1401415311 (2019) PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD SE-SEKBIN II KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD SE-SEKBIN II KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD SE-SEKBIN II KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia termasuk di dunia pendidikan. Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan membaca pemahaman. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman adalah minat baca. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkatan minat baca pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD se-Sekbin II Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel penelitian sebanyak 117 Siswa di Sekbin II Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Pengujian dalam penelitian ini terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari uji hipotesis pertama (X1 terhadap Y), uji hipotesis kedua (X2 terhadap Y), dan uji hipotesis ketiga (X1 dan X2 terhadap Y). Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi sederhana, analisis determinasi, uji T, analisis regresi ganda, korelasi ganda, uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas perpustakaan (X1) terhadap kemampuan membaca pemahaman (Y) di SD se-Sekbin II Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes (

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Perpustakaan, Minat Baca, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:14
Last Modified: 03 Dec 2019 13:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33552

Actions (login required)

View Item View Item