PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Alief Alfullayali , 1401415310 (2019) PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Download (805kB) | Preview

Abstract

Minat dan kecerdasan emosional menjadi salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang memiliki minat yang tinggi dan kecerdasan emosional yang tinggi maka kemungkinan akan semakin baik pula kinerja yang dihasilkan. Semakin tinggi minat dan kecerdasan emosional siswa maka semakin baik pula hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh minat terhadap hasil belajar menggambar siswa; (2) pengaruh kecerdaan emosional terhadap hasil menggambar siswa; (3) pengaruh minat dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar menggambar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yang berjumlah 271 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 166 siswa menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu minat, kecerdasan emosional, dan hasil belajar menggambar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. Penghitungan pengujian dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji hetereoskedastisitas. Uji analisis akhir menggunakan analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda, analisis determinasi (R2), dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan minat terhadap hasil belajar menggambar, yang ditunjukkan dengan nilai thitung ≥ ttabel (2,862 ≥ 1,974); (2) ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar menggambar, yang ditunjukkan dengan nilai thitung ≥ ttabel (5,162 ≥ 1,974); (3) ada pengaruh yang signifikan minat dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar menggambar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (15,661 > 3,051); (4) besarnya pengaruh minat terhadap hasil belajar menggambar 4,8%; (5) besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar menggambar 14%; (6) besarnya pengaruh minat dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar menggambar 16,1%. Jika nilai minat dan kecerdasan emosional meningkat, maka hasil belajar menggambar juga akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan untuk meningkatkan hasil belajar menggambar siswa dengan minat serta melatih kemampuan emosi siswa melalui pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar menggambar, kecerdasan emosional, minat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:15
Last Modified: 03 Dec 2019 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33551

Actions (login required)

View Item View Item