UPAYA GURU MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA DENGAN KETELADANAN TOKOH AHMAD YANI MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Henti Ferdiana, 3101414008 (2019) UPAYA GURU MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA DENGAN KETELADANAN TOKOH AHMAD YANI MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414008maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan ini berfokus pada pendidikan karakter yang diterapkan pada materi tentang keteladanan tokoh nasional terutama tokoh daerah. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui upaya guru sejarah dalam menumbuhkan minat belajar sejarah siswa melalui keteladanan tokoh Ahmad Yani. (2) mengetahui perbedaan minat belajar sejarah siswa antara menggunakan media pembelajaran dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran pada materi Keteladanan Tokoh. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Purworejo kelas XII IPS dengan menggunakan metode mix method, yakni kualitatif dan kuantitatif dengan urutan penemuan Sequential exploratory. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, displey data, dan Conclusion Drawing/verificati. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis hipotesis uji-t. Instrumen penelitian adalah istrumen wawancara dan angket minat. Berdasarkan hasil wawancara dan pembahasan guru telah melakukan berbagai bentuk metode dalamm proses pembelajaran, seperti menggunakan media gambar, power point dan video. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan rata-rata minat siswa pada kelas eksperimen menggunakan media video profil pendek lebih besar daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Tabel distribusi menunjukkan rata-rata minat belajar kelas post test eksperimen 80,19 dengan persentase 76,37%, sedangkan rata-rata minat kelas post tes kontrol 73,72 dengan presentase 70,21%. Terlihat dari tabel distribusi bahwa nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata minat belajar kelas kontrol. Uji-t menjelaskan bahwa nilai thitung dari perhitungan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,646, berdasarkan tabel distribusi nilai ttabel untuk df 32 adalah 1,697 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai thitung < ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh pada penggunaan media video profil pendek terhadap minat belajar sejarah siswa di SMA Negeri 5 Purworejo. Upaya guru dalam penggunaan media video profil pendek tokoh dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Diharapkan media pembelajaran video profil pendek tokoh dapat digunakan sebagai media pembelajaran agar siswa lebih tertarik pada materi tokoh khususnya tokoh daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Keteladanan Tokoh Ahmad Yani , Minat Belajar, Teachers’ Efforts, Exemplary Character of Ahmad Yani, Learning Interest
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:12
Last Modified: 03 Dec 2019 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33550

Actions (login required)

View Item View Item