PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG
Lela Fijanatin Aliyah , 1401415309 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena banyak siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, sehingga siswa belum mandiri dan masih bergantung dengan orang lain dalam mengerjakan soal matematika yang ada juga kebiasaan belajar yang belum baik, kedua faktor ini merupakan beberapa penyebab hasil belajar matematika siswa masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang berjumlah 140 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diketahui sampel penelitian sejumlah 104 siswa. Metode analisis data dalam penelitian ini sudah memenuhi uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas sehingga dapat dilanjutkan dengan analisis akhir/uji hipotesis berupa analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan dan uji F. Hasil uji hipotesis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika thitung>ttabel (2,695 > 1,984), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika thitung>ttabel (1,999 > 1,984), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh kemandirian belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika secara bersama-sama diperoleh Fhitung>Ftabel (3,812 > 3,086), berarti H0 ditolak. Dengan demikian kemandirian belajar dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, saran peneliti guru harus memberikan penguatan kepada siswa agar dapat belajar secara mandiri tanpa disuruh orangtua dan membiasakan serta membimbing siswa untuk membuat catatan yang runtut, lengkap dan rapih agar dapat dijadikan bahan belajar siswa. Hal ini dilakukan guna hasil belajar matematika siswa lebih baik dan meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar matematika; kebiasaan belajar, kemandirian belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:15 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33549 |
Actions (login required)
View Item |