PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 03


Putri Widya Pertiwi , 1401415308 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 03. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 03]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI SISWA KELAS II SDN SUKOREJO 03) - Published Version
Download (705kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN Sukorejo 03, permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran adalah ketersediaan media yang masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan rendahnya nilai siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian pengembangan gambar seri untuk mengatasi keterampilan menulis kembali siswa kelas dua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan keefektifan gambar seri. Penelitian ini menggunakan teori Borg and Gall dengan tahap-tahap dalam pengembangan media tersebut meliputi; observasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji pemakaian. Data diperoleh melalui angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal, serta analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 82,5% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 97% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar uji skala besar mengalami peningkatan dengan perolehan kriteria sedang. Angket tanggapan siswa dan guru mendapatkan kriteria sangat baik. Dibuktikan pada hasil rata-rata nilai tes akhir sebesar 77,5 dibandingkan rata-rata nilai tes awal sebesar 64,5 dengan perolehan N-gain sebesar 0,367 dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian yaitu 1) Pengembangan media gambar seri menggunakan teori Borg and Gall. 2) Kriteria penilain kelayakan media dan materi sangat layak. 3) Media gambar seri efektif untuk belajar menulis kembali siswa di kelas dua SD. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk mengembangkan media yang lebih banyak untuk belajar menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis kembali, media gambar seri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:16
Last Modified: 03 Dec 2019 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33548

Actions (login required)

View Item View Item