HUBUNGAN PROFESI DAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG
Reza Khoirun Nisa , 1401415307 (2019) HUBUNGAN PROFESI DAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PROFESI DAN INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS III SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (856kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan dokumentasi data nilai siswa dan hasil wawancara yang di-lakukan dengan wali kelas III SD Gugus Plangkawati Kota Semarang didapatkan data adanya perbedaan hasil penguasaan kosakata siswa. Adanya perbedaan hasil penguasaan kosakata siswa yang berasal dari tingkat profesi orang tua yang sama. Hal ini juga terjadi pada tingkat intensitas komunikasi orang tua, adanya hasil penguasaan kosakata yang berbeda antar siswa pada tingkat intensitas komunikasi orag tua yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan profesi orang tua terhadap penguasaan kosakata, intensitas komunikasi orang tua terhadap penguasaan kosakata serta profesi dan intensitas komunikasi terhadap penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dengan sampel sebanyak 108 orang tua siswa dan 108 siswa kelas III. Teknik pengum-pulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji koefisien korelasi dan uji regresi linear. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket, dan soal tes yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara profesi orang tua dengan penguasaan kosakata; 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intesitas komunikasi orang tua dengan penguasaan kosakata; 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara profesi dan intensitas komunikasi orang tua dengan penguasaan kosakata. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara profesi dan intesitas komunikasi orang tua terhadap penguasaan kosakata siswa. Oleh karena itu, bagi orang tua untuk lebih memperhatikan kegiatan dan komunikasi dengan anak apapun profesi yang dimiliki dan pihak sekolah dapat ikut berperan serta memantau hal tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas komunikasi, penguasaan kosakata, profesi orang tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:17 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33547 |
Actions (login required)
View Item |