HUBUNGAN MINAT BACA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG


Khuswatun Khasanah , 1401415303 (2019) HUBUNGAN MINAT BACA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT BACA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS LARASATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (810kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang masih rendah pada Penilaian Tengah Semester (PTS) muatan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kota Semarang. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh jumlah buku yang masih terbatas di kelas sehingga mengakibatkan minat baca yang masih rendah. Selain itu siswa juga belum mengenal gaya belajar yang dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan yang signifikan antara minat baca dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitattif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kota Semarang sebanyak 136 siswa. Sampel penelitian berjumlah 102 siswa yang diambil menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi angket minat baca dan angket gaya belajar. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistic deskriptif, analisis data awal/uji prasyarat analisis dan analisis data akhir menggunakan uji hipotesis dengan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,608 > rtabel 0,195 (2) ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,667 > rtabel 0,195 (3) ada hubungan yang signifikan antara minat baca dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung 0,723 > rtabel 0,195 Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara minat baca dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Larasati Kota Semarang. Saran bagi siswa yaitu hendaknya dapat meningkatkan minat baca dan memperhatikan gaya belajar untuk lebih memahami materi pembelajaran. Bagi guru diharapkan dapat mengembangkan minat baca siswa serta memberikan perhatian pada gaya belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat dicapai dengan optimal. Sekolah juga hendaknya mendukung dengan memberikan fasilitas dan mengembangkan program-program yang dapat menumbuhkan minat baca dan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat baca; gaya belajar; hasil belajar; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:19
Last Modified: 03 Dec 2019 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33544

Actions (login required)

View Item View Item