HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PERGIWA KABUPATEN TEMANGGUNG
Herdiana Widyaningrum , 1401415302 (2019) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PERGIWA KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD GUGUS PERGIWA KABUPATEN TEMANGGUNG)
- Published Version
Download (792kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa merupakan beberapa faktor yang dapat memengaruhi proses belajar. Berdasarkan data dokumentasi terdapat 32% siswa yang tidak tuntas dalam nilai muatan pembelajaran IPS. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan interaksi sosial siswa yang kurang baik ditandai dengan adanya perrnasalahan antarsiswa. Terdapat orang tua yang kurang memberikan perhatian kepada anak seperti tidak memberikan bimbingan belajar. Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan antara perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar IPS serta untuk menentukan besar kontribusi perhatian orang tua dan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Pergiwa Kabupaten Temanggung berjumlah 206. Sampel penelitian berjumlah 110 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran seperangkat angket. Analisis data menggunakan metode Korelasi Product Moment berbantuan IBM SPSS Statistics 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Pergiwa Kabupaten Temanggung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,806; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial siswa dan hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Pergiwa Kabupaten Temanggung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,875; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan interaksi sosial secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Gugus Pergiwa Kabupaten Temanggung dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,915; (4) besar kontribusi perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 65%.; (5) besar kontribusi perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 76%.; (6) besar kontribusi perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa terhadap hasil belajar IPS sebesar 84%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan interaksi sosial terhadap hasil belajar IPS. Perhatian orang tua dan interaksi sosial siswa berkontribusi sebesar 84% terhadap hasil belajar IPS. Saran yang diberikan kepada orang tua yaitu untuk memberikan perhatian dengan baik kepada anak agar dapat meningkatkan hasil belajar. Guru disarankan untuk memantau perhatian orang tua dan interaki sosial siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian orang tua; interaksi sosial siswa; hasil belajar IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:19 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33543 |
Actions (login required)
View Item |