KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS MAWAR MAGELANG


Septi Wahyu Setyaningtyas , 1401415301 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS MAWAR MAGELANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS MAWAR MAGELANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS MAWAR MAGELANG) - Published Version
Download (882kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dokumenatasi di SDN gugus Mawar Magelang, hasil belajar IPS di kelas V belum optimal. Hal ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode belajar yang masih bersifat konvensional sehingga pembelajaan hanya berpusat pada guru dan peserta didik menjadi pasif. Minimnya penggunaan media belajar juga menyebabkan peserta didik kurang semangat mempelajari IPS sehingga pemahaman konsep dasar ilmu sosial dan kepekaan peserta didik terhadap masalah sosial masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di SDN Gugus Mawar Magelang, yakni dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menguji ke-efektifan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Mawar Magelang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design, berbentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus Mawar Magelang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling, dan terpilih SDN Borobudur I sebagai kelas eksperimen, SDN Ringinputih III sebagai kelas kontrol. Variabel bebas penelitian adalah model pembelajaran TGT berbantuan media audiovisual, variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar peserta didik di kelas kontrol adalah 65.63% dengan kategori baik, sedangkan di kelas eksperimen adalah 73.75% dengan kategori baik. Selain itu hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 4.0824 > 2.0423, yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar di kelas eks-perimen dan kontrol. Adapun peningkatan rata-rata hasil belajar IPS dengan uji n-gain di kelas eksperimen adalah 0.4031 dengan kategori sedang, sedangkan di kelas kontrol adalah 0.2404 dengan kategori rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model TGT berbantuan media audiovisual efektif terhadap hasil belajar IPS. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran TGT berbantuan media audiovisual efektif terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Mawar Magelang. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan model dan media belajar yang tepat dan bervariasi agar peserta didik semangat mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media audiovisual; teams games tournament
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:20
Last Modified: 03 Dec 2019 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33542

Actions (login required)

View Item View Item