PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMIDI BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MUATAN IPS KELAS VC SDN PETOMPON 02 SEMARANG


Merry Metrika , 1401415295 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMIDI BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MUATAN IPS KELAS VC SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMIDI BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MUATAN IPS KELAS VC SDN PETOMPON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEMIDI BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MUATAN IPS KELAS VC SDN PETOMPON 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar bertujuan mengembangkan konsep pemikiran sesuai dengan kondisi sosial disekitar siswa, sehingga dengan memperoleh pembelajaran IPS diharapkan menjadi bekal siswa untuk menjadi warga negara yang baik serta bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Data pra penelitian yang dilakukan di kelas VC SD Negeri Petompon 02 Semarang, menunjukkan terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu terkait keterbatasan penggunaan media pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah serta tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran Kemidi berbasis multimedia dengan model Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu teori Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas VC SD Negeri Petompon 02 Semarang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Kemidi berbasis multimedia dengan model NHT sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentasi penilaian ahli materi 93%, ahli media 97% , dan ahli praktisi 93,5%. Selain itu, media pembelajaran Kemidi berbasis multimedia dengan model NHT efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil t-test diperoleh thitung yaitu 16,545 lebih besar dari ttabel yaitu 2,030 maka Ha diterima dan hasil perhitungan uji t sebesar 16,545 dan peningkatan rata-rata (N-gain) hasil belajar siswa sebesar 16,33. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran Kemidi berbasis multimedia dengan model Numbered Head Together (NHT) sangat efektif dan layak digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia. Saran dari pengembangan media pembelajaran Kemidi berbasis multimedia diharapkan dapat mengatasi masalah pembelajaran IPS yang ada, menambah wawasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, dan menambah sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran Kemidi; multimedia; IPS; Numbered Head Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:21
Last Modified: 03 Dec 2019 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33541

Actions (login required)

View Item View Item