PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DANFASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL
Novi Istiqomah , 1401415290 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DANFASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DANFASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan indikator mengetahui keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Beberapa faktor yang memengaruhi diantaranya kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar. Guru yang berkompetensi baik, khususnya kompetensi pedagogik akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Sejalan dengan ketersediaan fasilitas belajar memadai akan memengaruhi hasil belajar seni rupa. Fakta empiris menujukkan hasil belajar seni rupa siswa belum memuaskan. Guru belum menguasai kompetensi pedagogik mengajar seni rupa dan fasilitas belum memadai. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas V SDN Se-Gugus Kartini Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian menggunakan metode ex post facto.Teknik sampling yaitusimple random sampling. Instrumen yaitu wawancara, dokumen Penilaian Akhir Semester (PAS) seni rupa, serta angket. Analisis deskriptif menggunakan konversi skala-5 dan nilai indeks. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis yaitu analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian yaitu (1) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar seni rupa sebesar 30,1% denganhubungan sedang (0,599); (2) Ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar seni rupasebesar 13,5% dengan hubungan rendah (0,368); (3) Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar seni rupasebesar 31,4% dengan hubungan sedang (0,571). Saran penelitian yaitu (1) sebaiknya orang tua menyediakan fasilitas belajar, (2) sebaiknya guru memperbaiki kualitas pembelajaran dengan cara mengoptimalkan kompetensi pedagogik, (3) hendaknya sekolah menyediakan fasilitas belajar seni rupa seperti papan pajang dan pelatihan guru terkait penguasaan kurikulum pembelajaran seni rupa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FasilitasBelajar, Hasil BelajarSeni Rupa, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:22 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33540 |
Actions (login required)
View Item |