PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV B SD NEGERI PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG


Fauzan Irsyad Ali , 1401415279 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV B SD NEGERI PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV B SD NEGERI PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV B SD NEGERI PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (929kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengembangkan konsep pemikiran sesuai dengan kondisi sosial di sekitar lingkungan siswa. Pengembangan konsep pemikiran tersebut akan lebih maksimal apabila guru menggunakan alat bantu berupa media dalam pembelajaran IPS. Data penelitian awal yang dilakukan di kelas IV B SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu terkait dengan penggunaan media dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengembangkan desain media buku saku berbasis mind mapping, menguji kelayakan media buku saku berbasis mind mapping, dan menguji keefektifan media buku saku berbasis mind mapping. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu teori Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas IV B SD Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji gain). Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media buku saku berbasis mind mapping sangat layak digunakan. Selain itu, berdasarkan uji coba pemakaian pada kelompok besar, media buku saku berbasis mind mapping efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Simpulan dari penelitian ini adalah media buku saku berbasis mind mapping sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Media buku saku berbasis mind mapping diharapkan dapat mengatasi masalah pembelajaran IPS yang ada dan menambah wawasan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Saran peneliti yaitu media yang dibuat guru sebaiknya dibuat sekonkret mungkin agar siswa mudah memahami materi yang terkandung dalam media tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media buku saku; mind mapping; pembelajaran IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:22
Last Modified: 03 Dec 2019 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item View Item