HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS KARTINI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN


Latif Aziz Dika Putra , 1401415278 (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS KARTINI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS KARTINI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS KARTINI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (786kB) | Preview

Abstract

Data UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, mutu pendidikan di Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara berkembang, hal ini tidak sebanding dengan anggaran yang dikeluarkan yang mencapai Rp. 419 triliun. Artinya kualitas pendidikan di Indonesia belum optimal yang disebabkan oleh beberapa faktor. Permasalahan juga ditemukan di SDN Gugus Kartini Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen menunjukan bahwa, disiplin belajar yang masih rendah, faktor yang mempengaruhi permasalahan tersebut adalah orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan anaknya di sekolah. Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan tingkat pendidikan dengan disiplin belajar; (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan perhatian orang tua dengan disiplin belajar; (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan disiplin belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan sampel sebanyak 105 siswa yang diambil menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, dokumentasi dan wawancara. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan analisis data yang telah memenuhi syarat baik dalam uji normalitas,linieritas, multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan tingkat pendidikan dengan disiplin belajar, nilai korelasi yaitu 0,549 sehingga menunjukan hubungan korelasi sedang. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan perhatian orang tua dengan disiplin belajar, nilai korelasi yaitu 0.436 sehingga menunjukan korelasi sedang. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan disiplin belajar, nilai korelasi 0,549 sehingga menunjukan korelasi sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan tingkat pendidikan dan perhatian orang tua dengan disiplin belajar. Saran guru lebih meningkatkan komunikasi dengan orang tua untuk melaporkan perkembangan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan, Perhatian, Disiplin Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:24
Last Modified: 03 Dec 2019 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33538

Actions (login required)

View Item View Item