ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS V TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SD DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL
Novan Ardianto, 1401415269 (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS V TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SD DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS V TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SD DABIN III KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL)
- Published Version
Download (556kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa soal PTS genap kelas V tema 6 diujikan tanpa melalui tahapan analisis, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi kualitas butir soal penilaian tengah semester genap kelas V tema 6 tahap 2 SD Dabin III Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode penelitian kombinasi. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori “sangat tinggi”. Distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda, untuk jenjang C1 ada 8 soal, jenjang C2 ada 4, dan jenjang C3 ada 3 soal, sedangkan soal uraian untuk jenjang C1 ada 3 soal dan jenjang C2 ada 3 soal. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 1 soal berkategori signifikan dan 14 soal berkategori tidak signifikan, sedangkan soal uraian terdapat terdapat 2 soal berkategori sangat signifikan, 2 soal berkategori signifikan, dan 2 soal berkategori tidak signifikan. Ditinjau dari aspek reliabilitasnya, diperoleh koefisien sebesar 0,47 dengan kriteria rendah, sedangkan soal uraian diperoleh koefisien sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi. Ditinjau dari aspek tingkat kesukarannya, terdapat 4 soal berkategori sangat mudah, 2 soal berkategori mudah, 7 soal berkategori sedang, dan 2 soal berkategori sukar, sedangkan soal uraian terdapat 2 soal berkategori sedang, dan 4 soal berkategori mudah. Ditinjau dari daya pembeda, terdapat 4 soal berkategori jelek, 6 soal berkategori cukup, 5 soal berkategori baik, sedangkan soal uraian terdapat 2 soal berkategori cukup, 2 soal berkategori baik, 2 soal berkategori baik sekali. Ditinjau dari efektivitas pengecohnya, terdapat 5 soal berkategori efektif dan 10 soal berkategori tidak efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan pada butir soal. Disarankan kepada penyusunan soal untuk membuat soal melalui tahapan analisis butir soal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis butir soal; penilaian tengah semester; pilihan ganda; uraian. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:25 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33537 |
Actions (login required)
View Item |