PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Sri Wahyuni , 1401415268 (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN DABIN II KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL) - Published Version
Download (478kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar disebut juga sebagai kemampuan yang diperoleh siswa setelah pengalaman belajarnya yang dinyatakan dalam bentuk skor yang didapatkan siswa melalui tes. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya yaitu minat belajar dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PKn kelas V SDN Dabin II Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Dabin II Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal sebanyak 266 siswa. Sampel penelitian sebanyak 160 siswa yang ditentukan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur yang digunakan pada studi pendahuluan, angket digunakan untuk mengumpulkan data, dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis sudah memenuhi persyaratan yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Setelah data dinyatakan memenuhi analisis prasyarat, dilanjutkan dengan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,465 > 1,975. Persentase sumbangan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 7,1%; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel 6,887 > 1,975. Persentase sumbangan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 23,1 %; serta (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel 26,980>3,054. Persentase sumbangan pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn sebesar 24,6%. Simpulan penelitian ini adalah minat belajar dan disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PKn kelas V SDN Dabin II Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Saran bagi guru, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dengan membangkitkan inisiatif siswa dan meningkatkan disiplin belajar dengan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih rajin dan teratur belajar sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar PKn, Minat Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:26
Last Modified: 03 Dec 2019 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33536

Actions (login required)

View Item View Item