PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG


Dicky Andrie Bagaskoro , 1401415264 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran PPKn belum menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, fasilitas penunjang pembelajaran yang kurang yaitu hanya terdapat satu buah proyektor yang berfungsi baik, hasil Ulangan Tengah Semester mata pelajaran PPKn yang rendah yaitu sebanyak 17 siswa (63%) mendapat nilai dibawah KKM. Sehingga dikembangkan desain dan komponen media pembelajaran berupa Video Animasi yang efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar muatan pelajaran PPKn Kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Reserach and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Mangkang Kulon 02 Kota Semarang, seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, data dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi layak digunakan dengan persentase penilaian kelayakan materi 100% dan kelayakan media 93%. Media video animasi efektif terhadap hasil belajar dengan adanya peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,5 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media Video Animasi model Example non Example efektif digunakan pada muatan PPKn. Saran penelitian media pembelajaran ini mampu dikembangkan lagi dalam hal desain pengembangan, sehingga tingkat kebermaknaan dalam penggunaan media pembelajaragan ini semakin meningkat dengan inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video animasi, Example non Example, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:27
Last Modified: 03 Dec 2019 13:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33535

Actions (login required)

View Item View Item