EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN SEGUGUS CAKRA KOTA SEMARANG (STUDI KOMPARASI)


Woro Mahardikaning Pratiwi , 1401415253 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN SEGUGUS CAKRA KOTA SEMARANG (STUDI KOMPARASI). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN SEGUGUS CAKRA KOTA SEMARANG (STUDI KOMPARASI)]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN SEGUGUS CAKRA KOTA SEMARANG (STUDI KOMPARASI)) - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD di-Gugus Cakra Kota Semarang berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara siswa kelas IV, kurang lebih 63% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 70 dan guru belum memaksimalkan penggunaan media antara lain penggunaan media audio visual dan media gambar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, Adakah perbedaan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV yang menggunakan media audio visual dengan siswa kelas IV yang menggunakan media gambar di-Gugus Cakra Kota Semarang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV yang menggunakan media audio visual dengan siswa kelas IV yang menggunakan media gambar di-Gugus Cakra Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian jenis komparatif yang pada intinya adalah penelitian yang berusaha untuk menemukan persamaan atau perbedaan tentang benda, tentang orang, tentang prosedur kerja, tentang ide, kritik terhadap orang, atau kelompok. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang tergabung dalam gugus Cakra Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster random assignment. Alat pengumpul data berupa lembar pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan test soal uji coba, uji prasyarat analisis dan uji analisis akhir menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan dari penggunaan media audio visual dan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil belajar IPS siswa kelas IV menggunakan media audio visual menunjukkan sebanyak 30 siswa atau sebesar 78,9 % dengan rata-rata nilai 78,5 dengan KKM yaitu 70. Sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV menggunakan media gambar menunjukkan sebanyak 28 siswa atau sebesar 73,6 % memperoleh nilai di atas KKM yaitu 70 dengan rata-rata 74,8, dengan kategori lebih dari cukup. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS, Pada output diketahui t hitung 3,223, t tabel 2,434, Df 74. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan t hitung dengan t tabel dan probabilitas. Nilai t hitung > t tabel = 3,223 > 2,434 dan nilai Sig. (2 – tailed) < ix 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar IPS siswa kelas IV yang menggunakan media audio visual dengan media gambar. Simpulan penelitian ini yaitu media audio visual dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Media Gambar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:30
Last Modified: 03 Dec 2019 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33531

Actions (login required)

View Item View Item