HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG
Dwy Mayasari , 1401415252 (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG)
- Published Version
Download (851kB) | Preview |
Abstract
Tugas mendidik tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah tetapi juga orang tua ikut bertanggung jawab untuk meningkatkan hasil belajar dan kebiasaan belajar siswa di sekolah maupun di rumah. Siswa di SDN Gugus Ahmad Yani rata-rata memiliki orang tua yang sibuk bekerja sehingga kurang memperhatikan waktu belajar anaknya sehingga mempengaruhi kebiasaan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Karangrayung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140siswa, dan sampel sebanyak 110 siswa menggunakan teknik sampel cluster sampling . untuk mengumpulkan data variabel pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi untuk data hasil belajar. Dari 30 soal angket kebiasaan belajar terdapat 22 soal yang valid yang dihitung menggunakan rumus Product Moment dan 30 soal angket pola asuh orang tua terdapat 20 soal yang valid. Angket pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar dinyatakan reliable dan diuji menggunakan program SPSS 22, Analisis uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov, linieritas, multikolinieritas. Teknik dalam menganalisis data adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan rhitung (0,419) lebih besar dari rtabel (0,186). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar dengan rhitung (0,470) lebih besar dari rtabel (0,186). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasan belajar dan pola asuh orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar rhitung (0,565) lebih besar dari rtabel (0,186). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya terdapat peningkatan kerjasama antara orang tua dan guru untuk memperhatikan kebiasaan belajar siswa ketika di sekolah maupun di rumah untuk meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; kebiasaan belajar; pola asuh orang tua |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:31 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33530 |
Actions (login required)
View Item |