Penyelenggaraan Pembelajaran Kejar Paket C PKBM Tunas Melati Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Semarang Barat.


Lucia Suryaningsih, 1201401047 (2006) Penyelenggaraan Pembelajaran Kejar Paket C PKBM Tunas Melati Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Semarang Barat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penyelenggaraan Pembelajaran Kejar Paket C PKBM Tunas Melati Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Semarang Barat.]
Preview
PDF (Penyelenggaraan Pembelajaran Kejar Paket C PKBM Tunas Melati Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Semarang Barat.) - Published Version
Download (21kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan penyelenggaraan pembelajaran, faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat penyelenggaraan pembelajaran Kejar Paket C di PKBM Tunas Melati tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah PKBM Tunas Melati Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Semarang Barat yang terletak di Jl. KRI Dewa Ruci No. 3 Kalibanteng Semarang dengan warga belajar sebanyak 134 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling .sebanyak 20%-nya, sehingga diperoleh interviwee sebanyak 22 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui wawancara dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran modul, tutorial, penugasan, dan praktikum digunakan sesuai dengan harapan warga belajar; (2) Tujuan pembelajaran: cukup sesuai dengan program pembelajaran dan bahan pembelajaran; (3) Bahan pembelajaran cukup sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan cukup mudah untuk dipahaminya; (4) Metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi digunakan dan cukup sesuai dengan bahan pembelajaran; (5) Media kadang-kadang digunakan dan dianggap sesuai dengan tujuan pembelajaran maupun bahan pembelajaran, serta dapat membantu untuk memahami bahan pembelajaran; (6) Evaluasi berbentuk tes obyektif, tes uraian, dan tes bentuk praktikum selalu dilakukan dan cukup sesuai dengan tujuan, bahan, maupun jadwal pembelajaan. (7) Warga belajar kadang-kadang saja datang tepat waktu, tetapi kadang-kadang pula aktif bertanya; (8) .Kondisi ruang belajar cukup memadai, tetapi sumber belajar (buku bacaan, majalah, dan lain-lain) kadang-kadang saja tersedia; (9) Tutor sesuai dengan bidangnya, penyampaian materi pun mudah dipahami warga belajar, sering memberi kesempatan warga belajar untuk bertanya, tetapi kadang-kadang saja hadir tepat waktu. Semua komponen merupakan faktor pendukung penyelenggaraan pembelajaran, kecuali pembelajaran praktikum yang kurang digunakan, tidak tersedianya sumber belajar yang memadai, kedisiplinan warga belajar dan tutor yang rendah merupakan penghambatnya. Berdasarkan simpulan di atas disarankan: (1) Pembelajaran bentuk praktikum perlu ditingkatkan frekuensinya; (2) Tes bentuk uraian perlu ditingkatkan untuk melatih warga belajar mengekspresikan gagasannya; (3) Sumber belajar perlu disediakan setiap saat guna memperkaya pengetahuan warga belajar terutama berkaitan dengan masalah-masalah sosial; (4) Tutor maupun warga belajar hendaknya meningkatkan kedisiplinannya dengan berupaya hadir tepat waktu, karena efektif tidaknya pembelajaran juga tergantung pada kedisiplinan tersebut, dan (5) Menambah tutor berikut peningkatan kesejahteraannya..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kejar Paket C, PKBM Tunas Melati.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:58
Last Modified: 15 Aug 2011 05:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item