HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG


Rizki Dwi Haryono , 140415250 (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (467kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bergas, hasil belajar mata pelajaran IPS siswa rendah. Hal ini disebabkan karena rendahnya motivasi belajar siswa dengan persentase 61,1% dan minat baca sebesar 52% berdasarkan angket penelitian awal yang diberikan peneliti kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: 1) motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; 2) minat baca dengan hasil belajar IPS; 3) serta motivasi belajar dan minat baca dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan populasi sebanyak 121 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket penelitian awal, angket uji coba, angket penelitian, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan didapat nilai rhitung = 0,743 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,2%, sisanya 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain; 2) hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar IPS dengan didapat nilai rhitung = 0,737 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 54,3%, sisanya 45,7% dipengaruhi oleh faktor lain; dan 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat baca dengan hasil belajar IPS dengan didapat nilai rhitung = 0,783 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 61,3%, sisanya 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, antara minat baca dengan hasil belajar IPS, dan motivasi belajar dan minat baca dengan hasil belajar IPS. Saran kepada guru hendaknya meningkatkan motivasi dan minat baca siswa agar dapat bermanfaat bagi sekolah sebagai informasi untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat baca; motivasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:32
Last Modified: 03 Dec 2019 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33529

Actions (login required)

View Item View Item