KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS LALANG YUDHO BLORA


Yuyun Novita Wijayanti , 1401415245 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS LALANG YUDHO BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS LALANG YUDHO BLORA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS LALANG YUDHO BLORA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menurut hasil wawancara guru kelas V di SDN Gugus Langlang Yudho Blora, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis belum mencapai Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM). Guru belum menggunakan model pembelajaran yang khusus mendukung keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu menguji keefektifan model Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Gugus Langlang Yudho Blora. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan desain pe-nelitian Quasi Experimntal bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yakni dengan cluster random sampling, diperoleh SDN 1 Banjarejo dengan 31 siswa sebagai kelas eksperimen, dan SDN Sendanggayam dengan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analasis data mengguna-kan uji t-test dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretes dan postes kelas kontrol maupun kelas eksperimen memiliki distribusi normal serta homogen. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen 68,75, dan rata-rata nilai postes kelas kontrol 61,93, artinya rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai postes kelas kontrol. Untuk uji t-test diperoleh thitung 3,147 > ttabel 1,675, yang artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selanjutnya, rata-rata N-gain kelas kontrol 0,274 (kategori rendah) lebih kecil dari rata-rata N-gain kelas eksperimen yaitu 0,367. Artinya yang memiliki perubahan lebih besar adalah kelas eksperimen, dengan kategori sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 56,63%, sedangkan kelas kontrol yaitu 53%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Thik Talk Write (TTW) efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN gugus Langlang Yudho Blora. Saran yang dapat disampaikan kepada guru, yaitu model Think Talk Write (TTW) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaan di sekolah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada pembelajar-an bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model ttw; keterampilan menulis; karangan narasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:33
Last Modified: 03 Dec 2019 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item View Item