KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS LANGLANG YUDHO BLORA


Zakiyyah Hilmy , 1401415244 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS LANGLANG YUDHO BLORA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS LANGLANG YUDHO BLORA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS LANGLANG YUDHO BLORA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang dilaksanakan di SDN Gugus Langlang Yudho Blora, diperoleh data bahwa jumlah seluruh kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho yaitu 107 siswa terdapat 46 siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu faktor penyebabnya yaitu guru belum menggunakan model khusus untuk keterampilan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and compotision) pada keterampilan membaca pemahaman siswa SDN Gugus Langlang Yudho Blora dan mendeskripsikan aktivitas siswa terhadap keterampilan membaca pemahaman menggunakan model CIRC pada siswa kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho Blora, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 1 Banjarejo sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 3 Banjarejo sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 4,679, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,011. Thitung ˃ ttabel (4,679 ˃ 2,011) yang berarti model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and compotision) efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,272 tergolong kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,496 tergolong kriteria sedang. Rata-rata aktivitas siswa dalam keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran CIRC dalam empat pertemuan mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and compotision) efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho Blora dan aktivitas siswa terhadap keterampilan membaca pemahaman menggunakan model CIRC meningkat pada siswa kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho Blora.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca; membaca pemahaman; model CIRC
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:33
Last Modified: 03 Dec 2019 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33527

Actions (login required)

View Item View Item