KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL


Ayu Karomah , 1401415241 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN HARJOSARI LOR 03 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (726kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurangnya keberhasilan proses pembelajaran IPA yaitu guru kurang berinovatif dalam mengemas dan menyajikan pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pembelajaran IPA. Akibatnya kurang terciptanya suasana yang dapat membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa kurang optimal. Oleh karena itu perlu inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan media powtoon. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan media powtoon dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN Harjosari Lor 03 Kabupaten Tegal. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Harjosari Lor 03 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari kelas VA dan VB. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas VB dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas yang di jadikan untuk uji coba instrumen yaitu di kelas V SDN Kalimati 02 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dan uji keefektifan. Hasil pengujian hipotesis perbedaan motivasi belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,291 > 2,006) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan terhadap hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,978 > 2,006) dan signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap motivasi belajar IPA menggunakan uji One Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (9,014 > 1,706) dan terhadap hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (6,163 > 1,706). Dibuktikan dengan nilai indeks pada kelas eksperimen memeroleh sebesar 88,93% dan di kelas kontrol memeroleh sebesar 79,23%, sedangkan hasil belajar kelas eksperimen memeroleh rata-rata 85,56% dan di kelas kontrol memeroleh rata-rata 73,21%. Disimpulkan bahwa media powtoon efektif terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V pada materi pembentukan tanah. Adanya peningkatan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media powtoon, maka disarankan dalam pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan LCD dan laptop dengan baik, memanfaatkan media pembelajaran salah satunya powtoon, dan dapat menjadi referensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Powtoon, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:34
Last Modified: 03 Dec 2019 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33526

Actions (login required)

View Item View Item