KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH LUQMAN AL-HAKIM KECAMATAN SLAWI


Zulfa Raesani Rozak , 1401415238 (2019) KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH LUQMAN AL-HAKIM KECAMATAN SLAWI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH LUQMAN AL-HAKIM KECAMATAN SLAWI]
Preview
PDF (KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH LUQMAN AL-HAKIM KECAMATAN SLAWI) - Published Version
Download (979kB) | Preview

Abstract

Keterampilan guru dalam mengelola kelas merupakan suatu usaha guru memecahkan permasalahan guna pencapaian kompetensi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini terfokus pada keterampilan guru dalam mengelola kelas dan implementasinya pada proses pembelajaran di kelas II D, III A, IV A, dan V C MI Luqman Al-Hakim Kecamatan Slawi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi keterampilan guru dalam mengelola kelas, menganalisis dan mendeskripsi implementasi keterampilan guru dalam mengelola kelas pada proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik kelas II D, III A, IV A, dan V C MI Luqman Al-Hakim Kecamatan Slawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kepercayaan (credibility), uji keteralihan (transferability), uji kebergantungan (dependability), dan uji kepastian (comfirmability). Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa guru sudah melaksanakan keterampilan mengelola kelas yang meliputi: (1) pengaturan pada peserta didik yang mencakup sikap hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal positif, serta penanaman disiplin; dan (2) pengaturan pada ruang kelas mencakup tempat duduk, media pendidikan, tanaman dan tumbuhan, serta aromaterapi di dalam kelas yang tidak dilakukan secara menyeluruh. Implementasi pengelolaan kelas pada proses pembelajaran dilaksanakan guru berdasarkan sembilan keterampilan dasar mengajar , yaitu: (1) membuka pelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) memberi penguatan, (5) mengadakan variasi, (6) membimbing diskusi kelompok kecil, (7) mengelola kelas, (8) pembelajaran peseorangan dan kelompok kecil, serta (9) menutup pelajaran. Pelaksanaan keterampilan guru dalam mengelola kelas akan berdampak baik jika guru melakukan perencanaan pada pengaturan pada peserta didik dan pengaturan pada ruang kelas. Disarankan kepada guru, yaitu: (1) merencanakan pengaturan peserta didik dan pengaturan ruang kelas secara efisien yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran; (2) guru hendaknya menggunakan waktu seefektif mungkin, agar proses pembelajaran dapat berjalan optimal; (3) guru hendaknya memanfaatkan perangkat pembelajaran sehingga dalam implementasi pengelolaan kelas sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Guru; Pengelolaan; Kelas; Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:35
Last Modified: 03 Dec 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33525

Actions (login required)

View Item View Item