PENINGKATAN RASA NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DI SMK N 1 SLAWI TAHUN 2017/2018


Nabila Akmal Wicaksana, 3101414003 (2019) PENINGKATAN RASA NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DI SMK N 1 SLAWI TAHUN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101414003maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Potret pendidikan nasional Indonesia dewasa ini sedang mengalami suatu keterpurukan. Sejumlah permasalahan masih saja melingkupi dunia pendidikan kita. Permasalahan itu tidak hanya berupa pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas dan fasilitas, akan tetapi juga rendahnya tingkat relevansi pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasa nasionalisme dalam diri siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Slawi, apa saja kendala – kendala dan solusi yang dihadapi pendidik dalam memberikan materi pergerakan nasional, apakah ada peningkatan rasa nasionalisme siswa melalui pembelajaran sejarah dengan materi pergerakan nasional Indonesia. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan menggunakan metode sequintal exploratory. Pemilihan teknik sampling berdasarkan pemilihan dari guru sejarah SMK N 1 Slawi. Instrumen penelitian adalah angket dengan 20 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan triangulasi data dan kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan rasa nasionalisme siswa pada kelas XI AP 1 SMK N 1 Slawi terdapat peningkatan yang signifikan. Ditunjukkan setelah siswa mengikuti 3 kali tes, tes pertama dengan jumlah nilai rata – rata 80, kemudian tes kedua jumlah nilai rata – rata 85, dan tes ketiga jumlah nilai rata – rata 94, dengan artinya terdapat peningkatan rasa nasionalisme siswa kelas XI AP 1 SMK N 1 Slawi dengan tiga kali uji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Nilai-nilai Nasionalisme, Learning History, Values Of Nationalism
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 03 Dec 2019 12:56
Last Modified: 03 Dec 2019 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33524

Actions (login required)

View Item View Item