PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI PUISI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 3


Izka Alfiyan , 1401415237 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI PUISI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 3. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI PUISI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 3]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI ISI PUISI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 3) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi memahami isi puisi siswa masih rendah. Terbukti dari identifikasi masalah yang dilakukan di kelas IV SDN Purwoyoso 03. Rendahnya nilai harian siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia mengindikasikan kualitas pembelajaran perlu ditingkatkan. Melalui wawancara guru dan siswa, ditemukan bahwa materi menemukan amanat puisi cukup sulit diajarkan dan perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media lift the flap sebagai media pembelajaran memahami isi puisi di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur penelitian ini yaitu penelitian dan pengumpulan data; perencanaan; pengembangan prototipe produk; uji coba lapangan awal; revisi hasil uji coba. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03, dengan rincian 1 guru kelas 20 siswa, dan dua ahli. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisi data menggunakan analisis data awal dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lift the flap berbasis edutainment berhasil dikembangkan sesuai dengan analisa kurikulum, media, dan pengguna. Lift the flap juga layak digunakan dengan presenntase skor 93% dari ahli media dan 86% dari ahli materi. Respon yang diberikan guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik. Selain itu melalui analisis data dikatehui bahwa media lift the flap efektif meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikasi yang didapat 0,000<0,005, sehingga diinterpretasikan ada perbedaan siginifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media lift the flap berbasis edutainment. Simpulan penelitian ini adalah media lift the flap berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar materi memahami isi puisi di kelas IV. Saran penelitian ini adalah media lift the flap dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran memahami isi puisi di kelas IV, variasi teknik pembuatan media lift the flap serta uji cobanya dapat diteliti lebih lanjut menggunakan metode ekperimen murni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Lift The Flap, Amanat Puisi, Edutainment
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Dec 2019 13:36
Last Modified: 03 Dec 2019 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item