KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MEMAHAMI MAKNA KATA SISWA KELAS IV GUGUS WIROKUNTOLO KEBUMEN
Hazni Akmal Nufus , 1401415231 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MEMAHAMI MAKNA KATA SISWA KELAS IV GUGUS WIROKUNTOLO KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MEMAHAMI MAKNA KATA SISWA KELAS IV GUGUS WIROKUNTOLO KEBUMEN)
- Published Version
Download (787kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas IV Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen melalui wawancara, observasi dan data dokumentasi diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia belum optimal. Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar belum optimal ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran scramble berbantuan media kotak kartu misteri (kokami) terhadap hasil belajar makna kata dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumendan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 03 Karangsambung sebagai kelas eksperimen dan SDN 02 Karangsambung sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes hasil belajar berupa pretest dan postest yang berbentuk soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji n-gain dan analisis data pengamatan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble berbantuan media kokami efektif terhadap hasil belajar makna kata. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) sehingga modelscramble berbantuan media kotak kartu misteri (kokami) efektif terhadap hasil belajar makna kata. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,0588 > 0,158 tergolong dalam kriteria sedang dengan nilai rata-rata postest 64,3 meningkat menjadi 81,8.. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 90% dibandingkan kelas kontrol yaitu 77,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran scramble berbantuan media kotak kartu misteri (kokami) efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang pemahaman makna kata dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | scramble, hasil belajar, keefektifan, makna kata |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33522 |
Actions (login required)
View Item |