PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES
Siti Nurhidayah , 1401415227 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKBIN III KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES)
- Published Version
Download (618kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar adalah pencapaian yang diperoleh siswa setelah mengalami proses belajar. Berdasarkan wawancara dengan wali kelas V SD Negeri Sekbin III Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, diperoleh informasi bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V masih ada siswa yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi hasil belajar yaitu kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa. Faktor internal memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan faktor eksternal. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Sekbin III Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sekbin III Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes sebanyak 174 siswa dengan jumlah sampel 126 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), uji koefesien regresi secara bersama-sama (Uji F) dan koefesien determinan (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,792 > 1,979) dengan pengaruh sebesar 10,4%; (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang ditujukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,600 >1,979) dengan pengaruh sebesar 9,5%; (3) ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia yang ditujukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,480 > 1,979) dengan pengaruh sebesar 12,1%. Jika kemandirian belajar dan motivasi belajar meningkat maka hasil belajar bahasa Indonesia siswa akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui kemandirian belajar dan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar bahasa Indonesia, kemandirian belajar, motivasi belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 13:38 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 13:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33520 |
Actions (login required)
View Item |