PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERANG LASEM DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 1 LASEM


Muhammad Yusuf, 3101413040 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERANG LASEM DALAM BENTUK BOOKLET UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA NEGERI 1 LASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413040maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah local diperlukan dalam rangka mengaktualisasikan sejarah lokal di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar yang memuat materi sejarah local Rembang di SMA Negeri 1 Lasem. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, belum ada bahan ajar khusus mengenai materi sejarah local Perang Lasem di SMA Negeri1 Lasem. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan bahan ajar sejarah local Perang Lasem yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk booklet dipilih karena bentuknya yang sederhana, menarik dan mudah dipahami siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik dalam pembelajaran sejarah lokal di SMA Negeri 1 Lasem, mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar sejarah lokal, dan mengetahui keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini meggunakan dua kelas sampel yang dipilih secara acak. Kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelasXI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini meliputi teknik observasi, wawancara, angket, studi dokumen, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbentuk booklet sejarah local Perang lasem yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa serta sumber yang relevan. Kelayakan bahan ajar booklet dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi pada tahap I (82,04%) dan tahap II (84,49%) dan ahli media pada tahap I (75,56%) dan tahap II (78,75%) serta tanggapan guru (87,5%) dan siswa (88%) sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk booklet layak digunakan dalam pembelajaran sejarah lokal di SMA N 1 Lasem. Penggunaan bahan ajar dengan berbentuk booklet dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas eksperimen (84,6538) lebih baik dari pada hasil belajar kelas kontrol (78,3571). Oleh Karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk booklet efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran sejarah lokal di SMA N 1 Lasem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Sejarah Lokal, Booklet, Perang Lasem.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Dec 2019 19:36
Last Modified: 02 Dec 2019 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33517

Actions (login required)

View Item View Item