PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH ORGANISASI KEAGAMAAN MASA PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI DEMAK


Syamsul Arifin, 3101412134 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH ORGANISASI KEAGAMAAN MASA PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412134maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan buku paket Sejarah Indonesia kelas XI terbitan Erlangga sebagai sumber belajar utama siswa kelas XI di MA Negeri Demak yang kurang maksimal dan sulit dipahami oleh siswa. Peneliti bermaksud untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk booklet materi sejarah organisasi keagamaan masa pergerakan kebangsaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan dan menganalisis kondisi awal bahan ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran sejarah di MA Negeri Demak. (2) Menghasilkan dan menganalisis bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran sejarah tentang Sejarah Organisasi Keagamaan Masa Pergerakan Kebangsaan Indonesia bagi kelas XI di MA Negeri Demak. (3) Menganalisis kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dalam pembelajaran Sejarah Organisasi Keagamaan Masa Pergerakan Kebangsaan Indonesia bagi kelas XI di MA Negeri Demak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk data skor dan analisis deskriptif kualitatif untuk data kualitatif seperti saran, perbaikan dan kritik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran sejarah di kelas XI MA Negeri Demak menggunakan buku paket Sejarah Indonesia kelas XI terbitan Erlangga sebagai sumber sejarah utama. Ketergantungan terhadap buku tersebut sangatlah tinggi dengan tidak tersedinya buku penunjang lainnya. Sehingga perlu adanya sumber belajar lain yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran sejarah, (2) pengembangan bahan ajar sejarah kelas XI yang sesui dengan analisa kebutuhan yang ada yaitu pembuatan bahan ajar sejarah dalam bentuk booklet, (3) booklet yang dikembangkan oleh peneliti setelah diujikan mendapatkan nilai yang sangat baik dari validator baik validator materi, media dan guru pengampu. Sehingga booklet yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan mendapatkan prosentase penilaian rata-rata sebesar 89,4% oleh ahli materi, 92,85% oleh ahli media. Booklet yang dikembangkan juga mendapat respon dari siswa setelah diujikan dalam pembelajaran dan diperoleh hasil wawancara dan respon yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Booklet Sejarah, Sumber Belajar, Organisasi Kegamaan, Organisasi Pergerakan.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Dec 2019 19:30
Last Modified: 02 Dec 2019 19:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33516

Actions (login required)

View Item View Item