EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING POKOK MATERI PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA SEJAK PROKLAMASI HINGGA DEMOKRASI TERPIMPIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL


Tara Satya Hadi, 3101412107 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING POKOK MATERI PERKEMBANGAN MASYARAKAT INDONESIA SEJAK PROKLAMASI HINGGA DEMOKRASI TERPIMPIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412107maria.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi pelajaran Sejarah, karena siswa kurang aktif selama kegiatan pembelajaran dan kurang adanya interaksi siswa dengan guru maupun antar siswa dengan siswa ketika pembelajaran yang dilakukan menggunakan model ceramah saja. Rata-rata nilai ulangan umum siswa yaitu 61,92, sedangkan KKM yang diterapkan adalah 73. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran sejarah melalui metode mind mapping di SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian experimental dengan desain quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri Rowosari tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dengan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran sejarah. Varibel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa serta aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 85,47 % dengan rata-rata 77,48. Aktifitas belajar siswa secara klasikal termasuk kriteria tinggi yaitu 100%. Berdasarkan data hasil observasi aktifitas siswa telah meningkat dengan adanya metode baru dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pembelajaran mind mapping secara efektif dapat dilaksanakan dalam pembelajran sejarah perkembangan masyarakat sejak Proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin. Penerapan metode mind mapping dapat dipertimbangkan oleh guru sebagai altenatif metode pembelajaran, karena metode ini terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam materi perkembangan masyarakat sejak Proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin di SMA Negeri 1 Rowosri Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 02 Dec 2019 19:23
Last Modified: 02 Dec 2019 19:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33515

Actions (login required)

View Item View Item