PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS TIGA SD NEGERI PILANG 02


Onika Berly Aprizia , 1401415226 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS TIGA SD NEGERI PILANG 02. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS TIGA SD NEGERI PILANG 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS TIGA SD NEGERI PILANG 02) - Published Version
Download (770kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN Pilang 02, permasalahan guru dalam proses pembelajaran adalah rendahnya keterampialan membaca siswa dan ketersediaan media yang terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Selain itu, media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran tentang membaca hanya menggunakan media buku pelajaran yang terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut,maka diadakan penelitian pengembangan media big book untuk mengatasi masalah rendahnya keterampilan membaca siswa kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan keefektifan big book. Penelitian ini menggunakan teori Borg and Gall dengan tahap pengembangan media meliputi, (1) observasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) revisi desain, (5) revisi desain , (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Data diperoleh melalui angket kebutuhan siswa dan guru, lembar validasi dari ahli materi dan media. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 100 % dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji skala besar mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Angket tanggapan guru dan siswa mendapatkan kriteria sangat baik. Hal tersebut dibuktikan pada hasil rata-rata nilai posttest sebesar 83 dan nilai pretest sebesar 66 dengan perolehan N-gain sebesar 0,49 dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian yaitu, 1) Pengembangan media big book menggunakan teori borg and gall. 2) Kriteria penilaian kelayakan materi dan media sangat layak. 3) media big book efektif digunakan untuk belajar membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: big book; media pembelajaran; keterampilan membaca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:08
Last Modified: 02 Dec 2019 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33514

Actions (login required)

View Item View Item