PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL


Ulfa Khasanah Yawart , 1401415221 (2019) PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS II SD AL-IRSYAD KOTA TEGAL) - Published Version
Download (979kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan oleh guru. Terutama pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik. Penulis ingin mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik di SD swasta yang memiliki sumber daya manusia baik (SD Al-Irsyad Kota Tegal). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan guru kelas IIB dan IIC SD Al-Irsyad Kota Tegal dalam melakukan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik; (2) mendeskripsikan hambatan dalam pengelolaan kelas; (3) mendeskripsikan faktor pendukung pengelolaan kelas. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Informan yang dipilih yaitu guru serta siswa kelas IIB dan IIC sekaligus kepala sekolah SD Al-Irsyad Kota Tegal. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas IIB dan IIC SD Al-Irsyad Kota Tegal sudah cukup baik dalam mengelola kelas. Hambatan dalam pengeloaan kelas berasal dari dalam diri siswa dan guru. Hambatan di kelas IIB termasuk dalam tingkah laku yang bertujuan menyakiti orang lain (revenge seeking behaviors) dan peragaan ketidakmampuan (passive behaviors). Sedangkan di kelas IIC termasuk dalam tingkah laku yang ingin mendapatkan perhatian (attention getting behaviors). Faktor pendukungnya merupakan faktor internal dan eksternal siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik; Pengelolaan Kelas; Guru Kelas II
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:10
Last Modified: 02 Dec 2019 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33512

Actions (login required)

View Item View Item