Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Pendidikan Keluarga, dan Tingkat Penghasilan Orang Tua terhadap Budi Pekerti Siswa SMU Diponegoro Semarang.


Marino, 1201401040 (2005) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Pendidikan Keluarga, dan Tingkat Penghasilan Orang Tua terhadap Budi Pekerti Siswa SMU Diponegoro Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Pendidikan Keluarga, dan Tingkat Penghasilan Orang Tua terhadap Budi Pekerti Siswa SMU Diponegoro Semarang.]
Preview
PDF (Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Pendidikan Keluarga, dan Tingkat Penghasilan Orang Tua terhadap Budi Pekerti Siswa SMU Diponegoro Semarang.) - Published Version
Download (23kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah, bahwa siswa SMU Diponegoro Semarang yang masih tergolong remaja menunjukkan tanda-tanda adanya budi pekerti kurang terpuji, seperti perilaku agresif yang menyimpang dari norma-norma susila yang merugikan dirinya dan masyarakat. Berdasarkan hal itu, tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang; (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh pola pendidikan keluarga terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang; dan (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat penghasilan orang tua terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang; dan (4) mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua, pola pendidikan keluarga, dan tingkat penghasilan orang tua secara bersama-sama terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa SMU Diponegoro Semarang tahun ajaran 2004/2005 sebanyak 196 siswa. Sampel diambil 20 %-nya, yakni sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data tentang tingkat pendidikan orang tua, pola pendidikan keluarga, dan tingkat sosial ekonomi orang tua, dan budi pekerti siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data mengenai banyaknya siswa diperoleh dari dokumentasi. Data yang terkumpul melalui angket dianalisis dengan menggunakan regresi ganda 3 yang rumusnya adalah y = K + a1x1 + a2x2 + a3x3 Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang. Pengaruh yang ditunjukkan sebesar 12% hampir tidak ada artinya, bahkan 88% dipengaruhi oleh faktor lain, bisa berupa pola pendidikan yang diterapkan dalam keluarga dan tingkat penghasilan orang tua; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pola pendidikan keluarga terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang sebesar 18,7%, sedangkan yang 81,3% dipengaruhi oleh faktor lain, bisa berupa tingkat pendidikan dan tingkat penghasilan orang tua (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan tingkat penghasilan orang tua terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang. Pengaruh yang ditunjukkan sebesar 1,5% hampir tidak ada artinya. Bahkan 98,5% dipengaruhi oleh faktor lain, bisa berupa tingkat pendidikan orang tua dan pola pendidikan yang diterapkannya dalam keluarga (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua, pola pendidikan keluarga, dan tingkat penghasilan orang tua secara bersama-sama terhadap budi pekerti siswa SMU Diponegoro Semarang yakni sebesar 20,2%, sedangkan yang 79,8% dipengaruhi oleh faktor lain, bisa berupa karakteristik siswa, lingkungan pergaulan, media, dan lain-lain. Berdasarkan simpulan di atas disarankan: (1) Para orang tua yang berpendidikan rendah seyogyanya memperluas pengetahuannya melalui kursus-kursus, kejar paket, dan semacamnya agar dapat memberikan pendidikan yang baik kepada putranya, terutama mengenai budi pekertinya; (2) Para orang tua perlu semakin memperhatikan pendidikan keluarga baik yang menyangkut pola pendidikannya maupun pendidikan sosialnya dengan keteladanan yang baik sehingga dapat membentuk budi pekerti yang baik pula pada anak di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat; (3) Para orang tua seyogyanya berupaya menambah penghasilannya agar dapat memenuhi kebutuhan pendidikan yang cukup sehingga membantu dalam pembentukan budi pekerti yang baik pada putranya; (4) Karena keterbatasan penelitian ini, maka bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda yang kemungkinan dapat mempengaruhi budi pekerti siswa, yakni variabel di luar tingkat pendidikan orang tua, pola pendidikan keluarga, dan tingkat penghasilan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Pendidikan Keluarga, Penghasilan Orang Tua, Budi Pekerti.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:56
Last Modified: 15 Aug 2011 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item