HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUGARDA PURBALINGGA


Ayu Dwi Lestari , 1401415215 (2019) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUGARDA PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUGARDA PURBALINGGA]
Preview
PDF (HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUGARDA PURBALINGGA) - Published Version
Download (425kB) | Preview

Abstract

Gaya mengajar dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri Gugus Sugarda Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga yang dilakukan guru masih monoton dan belum bervariasi mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan saat mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar dan membuat kemampuan motorik siswa kurang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah ada hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar pada Pembelajaran Seni Tari siswa kelas IV SD di gugus Sugarda?; (2) Apakah ada hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan kemampuan motorik pada Pembelajaran Seni Tari siswa kelas IV SD di gugus Sugarda?; (3) Apakah ada hubungan dan kontribusi antara variasi mengajar guru dengan motivasi belajar dan kemampuan motorik pada Pembelajaran Seni Tari siswa kelas IV SD di gugus Sugarda? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi sampel. Sampel penelitian yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Sugarda Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga berjumlah 108 siswa. Hasil analisis korelasi sederhana menunjukkan: 1) hasil rxy1 hitung > rtabel (0,760 > 0,189) termasuk kategori kuat; 2) hasil rxy2 hitung > rtabel (0,513 > 0,189) termasuk kategori sedang; 3) adanya kontribusi dengan besar koefisien determinasi 0,578 ini berarti terdapat kontribusi antara Variasi gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa sebesar 57,8% dan besar koefisien determinasi 0,263 untuk kontribusi variasi gaya mengajar dengan kemampuan motorik siswa atau sebesar 26,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini terdapat hubungan positif dan signifikan serta adanya kontribusi antara variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar dan kemampuan motorik pada pembelajaran seni tari siswa kelas IV SDN Gugus Sugarda Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Saran dalam penelitian ini yaitu seluruh pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar agar memperhatikan variasi gaya mengajarnya, sehingga diharapkan akan meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan motorik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya mengajar; Hubungan; Kemampuan Motorik; Motivasi; Variasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:42
Last Modified: 02 Dec 2019 18:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33508

Actions (login required)

View Item View Item