HUBUNGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SD GUGUS SUGARDA KABUPATEN PURBALINGGA


Nurul Khasanah , 1401415214 (2019) HUBUNGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SD GUGUS SUGARDA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SD GUGUS SUGARDA KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (HUBUNGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II SD GUGUS SUGARDA KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (513kB) | Preview

Abstract

Kemampuan melakukan variasi penggunaan media dalam pembelajaran merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru yang bertujuan untuk membangkitkan minat belajar siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui media yang beragam. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga, ditemukan bahwa penggunaan media yang bervariasi dalam pembelajaran seni tari kelas II SD Gugus Sugarda masih tergolong rendah. Hal tersebut berdampak pada rendahnya minat belajar siswa dan kemampuan siswa dalam praktik pembelajaran seni tari. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah ada hubungan antara vasiasi media pembelajaran seni tari dengan minat belajar siswa kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga?; (2) Apakah ada hubungan antara variasi media pembelajaran seni tari dengan kecerdasan kinestetik siswa kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga?; (3) Apakah ada hubungan antara penggunaan variasi media pembelajaran seni tari dengan minat dan kecerdasan kinestetik siswa kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 109 siswa. Hasil penelitian adalah (1) terdapat hubungan antara variasi media pembelajaran dengan minat belajar siswa dengan nilai rhitung > r tabel (0,935 > 0,188) termasuk kategori sangat kuat, (2) terdapat hubungan antara variasi media pembelajaran dengan kecerdasan kinestetik siswa dengan nilai rhitung > r tabel (0,784 > 0,188) termasuk kategori kuat, dan (3) Terdapat hubungan antara variasi media terhadap minat dan kecerdasan kinestetik siswa dengan kontribusi variasi media sebesar 87,4% terhadap minat belajar siswa dan 61,4% terhadap kecerdasan kinestetik siswa kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga. Simpulan penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan serta adanya kontribusi antara variasi media pembelajaran seni tari dengan minat dan kecerdasan kinestetik siswa kelas II SD Gugus Sugarda Kabupaten Purbalingga. Saran dalam penelitian yitu seluruh pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar agar memperhatikan variasi media pembelajaran yang digunakan, sehingga diharapkan dapat berpengaruh positif terhadap minat dan kecerdasan kinestetik siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: variasi media, minat belajar, kecerdasan kinestetik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:43
Last Modified: 02 Dec 2019 18:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33507

Actions (login required)

View Item View Item