PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN AKTIVITAS OUTDOOR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS II SDN 2 KARANGJATI BANJARNEGARA


Ina Laili Taslimah , 1401415211 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN AKTIVITAS OUTDOOR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS II SDN 2 KARANGJATI BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN AKTIVITAS OUTDOOR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS II SDN 2 KARANGJATI BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN AKTIVITAS OUTDOOR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS II SDN 2 KARANGJATI BANJARNEGARA) - Published Version
Download (750kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas II SDN 2 Karangjati ternyata ditemukan permasalahan yakni terbatasnya media pada pembelajaran seni tari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga dengan aktivitas outdoor pada pembelajaran seni tari kelas II. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas II SDN 2 Karangjati yang dibagi ke dalam uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa dan sisanya termasuk ke dalam uji coba skala besar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes unjuk kerja, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji prasyarat, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga dengan aktivitas outdoor layak untuk digunakan. Dari hasil validasi matei diperoleh persentase sebesar 85,71% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapatkan persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat layak. Hasil pretest dan posttest dihitung menggunakan N-gain mengalami peningkatan sebesar 0,42 pada uji coba skala kecil dan 0,35 pada uji coba skala besar dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t pada skala kecil diperoleh t hitung (11,068) > t tabel (2,571). Sedangkan pada skala besar diperoleh t hitung (8,609) > t tabel (2,064). Dari hasil uji t tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara penilaian hasil belajar psikomotorik gerak keseharian dan alam dalam tari sebelum dan setelah menggunakan media ular tangga dengan aktivitas outdoor. Jadi kesimpulannya media pembelajaran ular tangga dengan aktivitas outdoor yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran seni tari kelas II SDN 2 Karangjati Banjarnegara. Saran dalam penelitian ini diharapkan media pembelajaran ular tangga yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media belajar dalam pembelajaran seni tari berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas outdoor; media, ular tangga, seni tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:44
Last Modified: 02 Dec 2019 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33505

Actions (login required)

View Item View Item