PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Dwi Indah Lestari , 1401415201 (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN I KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL) - Published Version
Download (722kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran di sekolah yang diperoleh melalui kegiatan evaluasi. Tujuan pembelajaran dianggap berhasil apabila siswa memeroleh hasil belajar yang maksimal. Ada dua faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang memengaruhi hasil belajar antara lain motivasi belajar dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal sejumlah 191 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 134 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai masing-masing variabel. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskidastisitas. Uji hipotesis terdiri dari uji korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 29,1%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 29,5%; dan (3) terdapat pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 32,8%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Dabin I Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajarnya, sehingga mampu mencapai hasil belajar matematika yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:46
Last Modified: 02 Dec 2019 18:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33504

Actions (login required)

View Item View Item