HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG
Madaliyah Izah Mansyur , 1401415200 (2019) HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memberikan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang mampu bersaing di masa depan. Tercapainya tujuan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang meliputi tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan setelah mengikuti proses pembelajaran. Akan tetapi berdasarkan hasil pra penelitian ditemukan permasalahan terkait prestasi belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara cenderung masih rendah. Selain itu minat baca dan kebiasaan belajar yang dimiliki siswa cenderung masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan presasi belajar IPS siswa kelas IV?; (2) apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV?; (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara minat baca dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV?. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara sebanyak 151 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah propotional random sampling sebanyak 117 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan, teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat dan analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan pestasi belajar IPS siswa kelas IV ditunjukan dari hasil perhitungan korelasi rhitung yaitu sebesar 0,635; (2) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV ditunjukan dari hasil perhitungan korelasi rhitung yaitu sebesar 0,633; (3) ada hubungan yang signfikan antara minat baca dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV ditunjukan dari hasil perhitungan korelasi rhitung yaitu sebesar 0,661. Simpulan dari penelitian ini yaitu: 1) ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan pestasi belajar IPS siswa kelas IV; (2) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV; (3) ada hubungan yang signfikan antara minat baca dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV. Saran yang diberikan adalah siswa dan guru lebih memperhatikan Minat baca dan kebiasaan belajar yang dimiliki siswa karena erat hubungannya dengan prestasi belajar yang diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar; minat baca; kebiasaan belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 15:41 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 15:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33503 |
Actions (login required)
View Item |