PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN BANYAKNYA PELATIHAN YANG PERNAH DIIKUTI TERHADAP KINERJA GURU SD SESEKBIN 1 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES


Nela Ramadhanti , 1401415197 (2019) PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN BANYAKNYA PELATIHAN YANG PERNAH DIIKUTI TERHADAP KINERJA GURU SD SESEKBIN 1 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN BANYAKNYA PELATIHAN YANG PERNAH DIIKUTI TERHADAP KINERJA GURU SD SESEKBIN 1 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN BANYAKNYA PELATIHAN YANG PERNAH DIIKUTI TERHADAP KINERJA GURU SD SESEKBIN 1 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru kemampuan seorang guru dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsi guru dengan baik dan memenuhi kompetensi yang telah ditetapkan dengan tujuan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan nasional. Kinerja Guru dipengaruhi oleh pengalaman mengajar dan banyaknya pelatihan yang pernah diikuti dimana semakin banyak pengalaman yang telah dimiliki dan pelatihan yang pernah diikuti oleh guru maka guru tersebut memiliki kinerja yang baik Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru; (2) pengaruh banyaknya pelatihan yang pernah diikuti terhadapkinerja guru; (3) pengaruh pengalaman mengajar dan banyaknya pelatihan yang pernah diikuti terhadapkinerja guru. Ex post facto merupakan metode yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berstatus PNS se-sekbin I Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes berjumlah 36 guru. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi dan Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda, analisis determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan pengalaman mengajar terhadap kinerja guru SD, yang ditunjukan dengan nilai thitung ≥ ttabel (3,767 ≥ 2,032); (2) ada pengaruh yang signifikan banyaknya pelatihan yang pernah diikuti terhadap kinerja guru SD, yang ditunjukan dengan nilai thitung ≥ ttabel (2,120 ≥ 2,032); (3) ada pengaruh yang signifikan pengalaman mengajar dan banyaknya pelatihan yang pernah diikuti terhadap kinerja guru SD, yang ditunjukan dengan nilai fhitung> ftabel yaitu (11.269 > 3.305); (4) besarnya pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru SD sebesar 30,7%; (5) besarnya pengaruh banyaknya pelatihan yang pernah diikuti terhadap kinerja guru SD sebesar 12,3%; dan (6) besarnya pengaruh pengalaman mengajar dan banyaknya pelatihan yang pernah diikuti terhadap kinerja guru SD sebesar 42,1%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun kepala sekolah memerhatikan dan meningkatkan kualitas kinerjanya agar lebih baik agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan suatu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Banyaknya pelatihan yang pernah diikuti, kinerja guru, pengalaman mengajar,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:41
Last Modified: 02 Dec 2019 15:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33502

Actions (login required)

View Item View Item