HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN GUBUG


Lani Viviani , 1401415191 (2019) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN GUBUG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN GUBUG]
Preview
PDF (HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS RA KARTINI KECAMATAN GUBUG) - Published Version
Download (851kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah Guru. Guru harus mampu menguasai keterampilan dasar mengajar, salah satunya yaitu keterampilan mengadakan variasi gaya mengajar dan media pembelajaran. Namun dalam kenyataannya masih banyak guru yang belum mampu untuk mengadakan variasi mengajar dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra penelitian yang dilakukan di kelas IV SD Gugus RA Kartini Kecamatan Gubug, berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa dalam pembelajaran IPS guru masih menggunakan gaya mengajar dan media pembelajaran yang belum bervariasi. Hal tersebut mempengaruhi rendahnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPS. Prestasi belajar IPS siswa juga diketahui memiliki rata-rata yang rendah dengan 40% siswa saja yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variasi gaya mengajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV, mengetahui hubungan penggunaan media dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV serta mengetahui hubungan variasi gaya mengajar dan penggunaan media secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Gugus RA Kartini Kecamatan Gubug dengan jumlah 118 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dengan prestasi belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,590 termasuk dalam tingkat hubungan yang sedang; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media dan prestasi belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,621 termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat; serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan penggunaan media secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,753 yang termasuk dalam tingkat hubungan yang kuat. Simpulan penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dengan prestasi belajar IPS kelas IV, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media dengan prestasi belajar IPS kelas IV, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan penggunaan media dengan prestasi belajar IPS. Saran dari peneliti yaitu guru diharapkan dalam melaksanakan pembelajaran IPS menggunakan gaya mengajar dan media pembelajaran yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media; prestasi belajar IPS; variasi gaya mengajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:43
Last Modified: 02 Dec 2019 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33501

Actions (login required)

View Item View Item