Pemetaan Persebaran Industri Besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang menggunakan Sistem Informasi Geografis.

Siwi Indriyani Kartika Handayani, 3252302504 (2005) Pemetaan Persebaran Industri Besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang menggunakan Sistem Informasi Geografis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pemetaan Persebaran Industri Besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang menggunakan Sistem Informasi Geografis.) - Published Version
Download (1291Kb)

    Abstract

    Kecamatan Bergas merupakan kecamatan di Kabupaten Semarang yang dijadikan sebagai pusat pengembangan industri baik industri besar, sedang, kecil maupun rumah tangga. Untuk itu perlu adanya suatu pemetaan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertolak pada permasalahan (1) Bagaimana persebaran industri besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang ?, (2) Bagaimana karakteristik industri besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang ? Variabel dalam penelitian ini adalah lokasi industri, sarana dan prasarana industri, tenaga kerja dan persebaran industri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi lapangan dan pengukuran, metode studi dokumentasi dan metode studi kepustakaan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta, kamera, perangkat komputer dan GPS (Global Positioning System). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecamatan Bergas mamiliki 58 industri besar yang tersebar dibeberapa desa meliputi desa Wujil (1) industri, Bergas Lor (1 industri), Bergas Kidul (5 industri), Randu Gunting (2 industri), Jatijajar (1 industri), Diawak (1 industri), Ngempon (26 industri), Karangjati (19 industri) dan Wringin Putih (2 industri). Dari hasil analisa melalui Sistem Informasi Geografis (SIG) dapat diketahui bahwa industri besar di Kecamatan Bergas tersebar tidak merata dan cenderung bergerombol. Hal itu disebabkan karena kondisi topografi daerah yang bervariasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemetaan persebaran industri yang dilakukan dengan menggunakan program arc view 3.3 memiliki keunggulan yaitu dapat lebih memudahkan bagi pengguna maupun masyarakat untuk mengetahui informasi tentang keberadaan industri di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Adapun kelemahannya yaitu biaya mahal, membutuhkan tenaga ahli untuk mengoperasikannya serta hanya mampu menampilkan satu persatu basisi data. Informasi yang dapat diperoleh berupa data spasial persebaran industri besar beserta sarana dan prasarananya dan dengan dilengkapi oleh data atribut yang merupakan basis data dari masing-masing data yang telah dibuat. Hasil keluaran pengolahan data dengan menggunakan arc view adalah berupa peta, tabel, laporan dan informasi mengenai persebaran industri besar di Kecamatan Bergas. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Perlu adanya pemetaan persebaran industri besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, (2) Perlu adanya basis data tentang karkteristik industri besar di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Persebaran, Industri, Sistem Informasi Geografis
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 27 Mar 2011 20:36
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:59

    Actions (login required)

    View Item