HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Alfiah Nur Naini , 1401415185 (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (920kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan nasional Indonesia adalah mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan belajar. Gaya belajar dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan dan prestasi belajar. Berdasarkan hasil pra penelitian di SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang ditemukan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas V masih rendah, hal tersebut disebabkan karena gaya belajar siswa yang kurang baik dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V, (2) mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V, (3) mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang sebanyak 191 siswa dengan sampel sebanyak 146 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, wawancara, observasi dan dokumen prestasi belajar. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai rhitung (0,437) > rtabel (0,162), hal tersebut berarti terdapat hubungan yang sedang antara gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V, serta persentase hubungan tersebut sebesar 19,1%, (2) nilai rhitung (0,616) > rtabel (0,162), hal tersebut berarti terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V serta persentase hubungan tersebut sebesar 38%, (3) nilai rhitung (0,632) > rtabel (0,162), hal tersebut berarti terdapat hubungan yang kuat antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V serta persentase hubungan tersebut sebesar 39,9%. Simpulan penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Saran bagi siswa diharapkan dapat mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan dirinya dan dapat meningkatkan motivasi belajar, serta bagi seluruh pihak yang terkait dapat memahami gaya belajar siswa yang berbeda dan ikut serta dalam memotivasi siswa supaya mendapatkan prestasi belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar; motivasi belajar; prestasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:45
Last Modified: 02 Dec 2019 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33499

Actions (login required)

View Item View Item