ANALISIS SELF MANAGEMENT DAN BIMBINGAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN NGADIRO 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG
Salma Luthfawati Dewi , 1401415181 (2019) ANALISIS SELF MANAGEMENT DAN BIMBINGAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN NGADIRO 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS SELF MANAGEMENT DAN BIMBINGAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN NGADIRO 01 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (744kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu kunci dalam mengatasi krisis moral yang terjadi di Indonesia. Permasalahan yang timbul akibat pendidikan karakter yang tidak berjalan baik ditandai dengan keterampilan self management siswa yang rendah. Oleh karena itu, sangat penting adanya peran dari sekolah, guru dan orang tua untuk mendukung implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji self management dan bimbingan guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) siswa kelas IV SDN Ngadirgo 01 Kecamatan Mijen Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 44 orang terdiri atas 1 kepala sekolah, 1 guru kelas, 1 petugas perpustakaan, 1 penjaga sekolah, dan 40 siswa kelas IV SDN Ngadirgo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) self management dalam PPK siswa kelas IV SDN Ngadirgo 01 Kecamatan Mijen Kota Semarang dilaksanakan dengan melatih keterampilan self management yaitu: motivasi diri, penyusunan diri, pengendalian diri, dan pengembangan diri, (2) Dalam pelaksanaan self management guru berperan sebagai pembimbing dari awal sampai akhir kegiatan, (3) Implementasi PPK di kelas IV SDN dilaksanakan dengan menanamkan 5 butir karakter PPK yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Simpulan penelitian ini meliputi (1) Self management dalam PPK secara umum telah dilaksanakan dengan baik melalui empat proses yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. (2) Bimbingan guru dalam PPK sangat penting untuk menguatkan karakter sekaligus melatih keterampilan self management siswa (3) Self management dan bimbingan guru dapat menguatkan karakter siswa. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya sekolah setiap tahunnya dapat bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat mengadakan program berupa pameran atau pertunjukan yang menampilkan bakat siswa seperti menari, menyanyi, membuat kerajinan tangan untuk dikenalkan kepada masyarakat dalam mendukung program PPK sekaligus memperkuat karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan guru; Penguatan Pendidikan Karakter (PPK); Self management |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 15:45 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 15:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33498 |
Actions (login required)
View Item |