STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD ISLAM SYAHIDIN


Safira Nur Aulia Sally , 1401415179 (2019) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD ISLAM SYAHIDIN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD ISLAM SYAHIDIN]
Preview
PDF (STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD ISLAM SYAHIDIN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah alat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan yang diberikan tidak hanya sekadar dalam aspek kognitif saja, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik. Saat ini, pemerintah juga sudah membuat sistem pendidikan yang menekankan pada penguatan pendidikan karakter agar dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Di era globalisasi saat ini, masih banyak ditemukan permasalahan bullying dan penyimpangan sikap siswa yang ada di sekolah dasar salah satunya di SD Islam Syahidin yang berada di Kelurahan Krobokan, Kecamatan Semarang Barat. Hal ini yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengkaji bagaimana strategi guru kelas dalam membangun sikap spiritual dan sosial pada siswa kelas V SD Islam Syahidin sehingga mampu mencetak siswa yang memiliki karakter yang positif dan tidak terpengaruh dengan lingkungan yang negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas V dan Kepala SD Islam Syahidin untuk mendapatkan data seputar strategi pengembangan sikap spiritual dan sosial siswa. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan data adanya strategi yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan sikap spiritual dan sosial pada siswa kelas V SD Islam Syahidin yakni dengan 4 tahapan, tahap pertama yaitu persiapan dengan cara membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), tahap kedua yaitu penyampaian dilakukan dengan memberi nasehat dan bimbingan kepada siswa maupun mengaitkan pendidikan sikap dalam pembelajaran, tahap ketiga yaitu praktik melalui kegiatan-kegiatan rutin di sekolah dan saat proses pembelajaran, serta tahap keempat yaitu evaluasi pembelajaran dengan melakukan pencatatan sikap siswa dalam jurnal sikap. Faktor penunjang dalam mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa adalah bekerjasama dengan stakeholder, letak sekolah yang dekat dengan masjid, guru yang memiliki kemampuan mengajar baca tulis al qur‟an, dan sekolah yang berbasis agama islam, kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari, dan adanya bimbingan khusus. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pergaulan siswa yang sulit dikontrol, kondisi lingkungan siswa yang tidak kondusif, terbatasnya waktu guru dalam membimbing siswa, pengaruh kemajuan teknologi dan kondisi keluarga siswa yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Sikap Spiritual, Sikap Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:47
Last Modified: 02 Dec 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33497

Actions (login required)

View Item View Item