PERANAN GURU DALAM PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SDN KARANGWONO 02 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI


Siti Aminah , 1401415177 (2019) PERANAN GURU DALAM PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SDN KARANGWONO 02 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANAN GURU DALAM PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SDN KARANGWONO 02 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PERANAN GURU DALAM PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS IV SDN KARANGWONO 02 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (738kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan zaman, dunia pendidikan tidak terlepas dari berbagai permasalahan, khususnya permasalahan karakter yang terjadi di sekolah. Misalnya terlambat datang ke sekolah, ramai sendiri, kurang rapi dalam berseragam, dan kurang sopan ketika berbicara dengan guru atau warga sekolah lain yang lebih tua. Oleh karena itu, diperlukan adanya peranan dari semua pihak, terutama guru dalam peningkatan kedisiplinan dan sopan santun siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan guru dalam peningkatan karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas IV SDN Karangwono 02, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, guru PAI, dan siswa pelaku pelanggaran kedisiplinan dan sopan santun. Pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu serta pengujian konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada empat peranan guru kelas di SDN Karangwono 02 yaitu guru kelas sebagai pembimbing, penasehat, model dan teladan, serta mediator dan fasilitator; (2) adanya peranan guru kelas dalam memberikan informasi tata tertib dan menasehati pelaku, kedisiplinan siswa menjadi meningkat. Peningkatan kedisiplinan siswa terbentuk melalui kebiasaan melaksanakan tata tertib yang diberikan oleh guru kepada siswa baik tertulis maupun lisan; (3) adanya peranan guru kelas dalam memberikan informasi mengenai sopan santun kepada siswa, sopan santun siswa menjadi meningkat. Peningkatan sopan santun siswa terbentuk melalui kebiasaan yang dilakukan siswa baik perbuatan maupun perkataan. Berdasarkan data hasil penelitian peranan guru dalam peningkatan karakter disiplin dan sopan santun siswa kelas IV SDN Karangwono 02. Dengan adanya peranan guru, karakter disiplin dan sopan santun siswa meningkat menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pihak sekolah terutama guru dapat menambah kegiatan dalam proses pembelajaran yang memuat kedisiplinan dan sopan santun siswa melalui pemberian pemahaman lebih lanjut mengenai dampak yang ditimbulkan akibat melanggar tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Disiplin; Peranan Guru; Sopan Santun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 Dec 2019 15:48
Last Modified: 02 Dec 2019 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33496

Actions (login required)

View Item View Item